Teknik Mengajar Yang Baik

Mengajar merupakan suatu seni. Guru yang cakap mengajar bisa merasakan bahwa mengajar di mana saja ialah suatu hal yang sangat menggembirakan, yang membuatnya melupakan kelelahan. Selain itu guru juga bisa mempengaruhi para muridnya melalui kepribadiannya. Guru yang ingin muridnya mengalami kemajuan, perlu mengadakan penelitian & pengamatan terhadap teori & praktek mengajar sehingga ia bisa terus-menerus meningkatkan cara mengajar.

Pada dasarnya seorang guru/dosen/instruktur harus mempunyai kemampuan yang baik di dalam penyampaian materi yang akan diajarkannya, jika tidak. Maka yang akan terjadi ialah siswa/siswi ataupun mahasiswa akan kurang faham dalam menerima materi pengajaran tersebut, bisa jadi tidak menyukai mata pelajaran itu atau bahkan bisa –bisa anda sendiri sebagai pengajar tidak disukai oleh anak didik anda sendiri. Tidak pelit dalam hal nilai mungkin sesuatu hal yang sangat  bijak sebagai seorang pengajar, tentunya anda pun akan menjadi seorang pengajar terfavorit dikelas anak didik anda tersebut, akan tetapi hal seperti ini tidak mendidik dan akan merugikan siswa/siswi yang anda didik. Kenapa bisa merugikan siswa/siswi yang anda didik? Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dilakukan saat menyampaikan materi di dalam kelas:

guru-mengajarSebelum penyampaian materi pengajaran:

1)      Buatlah rangkuman atau pun diktat yang nantinya bisa di salin oleh siswa/siswi maupun di fotocopy, sehingga kita tak perlu merujuk banyak buku terhadap siswa/siswi. Hal seperti ini juga efektif dan akan memudahkan siswa/siswi dalam hal belajarnya sehingga ia tak perlu lagi banyak –banyak membeli bahan –bahan buku pelajaran yang mereka akan pelajari saat berada di dalam kelas. Apabila untuk mata pelajarannya yang eksak atau hitung –hitungan, buatlah rangkuman rumus –rumus kepada siswa/siswi.

2)      Pelajari kembali mengenai materi –materi yang akan disampaikan dan buatlah rangkuman –rangkuman atau pun point-point penting yang ada pada materi tersebut, sebab anda mungkin banyak mengajar juga mata pelajaran yang lainnya, terkadang anda pun sudah agak lupa dengan materi –materi ini sehingga perlu dipelajari lagi agar lebih siap dalam menyampaikan materi nya.

3)      Milikilah absen untuk siswa/siswi anda, dan juga buatlah tabel penilaian dan presentase terhadap kemajuan siswa/siswi. Hal ini bisa berguna agar anda bisa mengetahui apakah materi –materi yang sudah anda berikan diserap dengan baik atau belum sama sekali dan siswa/siswi mana yang perlu anda bimbing lebih ekstra agar nilainya tidak jatuh.

4)      Siapkan pula soal-soal untuk latihan siswa/siswi yang sebanyak-banyaknya dan dibagi menjadi kategori sukar, sedang, &  ringan. Rangkum semua soal –soal tersebut ke dalam satu buku ataupun file dan buatlah memo disetiap soal-soal tersebut. Memo ini dibuat agar anda bisa tahu kapan anda pernah memberikan materi tersebut kepada siswa/siswi & pada waktu kelas berapa, sehingga soal –soal yang telah diberikan tidak disampaikan lagi pada pertemuan yang berikutnya.

Untuk kelanjutan dari artikel ini silahkan baca  Teknik Mengajar Yang Baik part II.

Teknik Mengajar Yang Baik. Post by: Pemerhati Guru | 4.5
Tags:

Categories: News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>