Teknik Mengajar Yang Baik Part II

Lanjutan dari artikel Teknik Mengajar Yang Baik yang pada bagian pertama sudah dijelaskan bagaimana cara sebelum penyampaian materi pengajaran, dan disini pun bagaimana cara penyampaian saat berada di dalam Kelas :

1)      Lakukanlah sistem pengajaran yang lebih interaktif bagi siswa/siswi yang berupa tanya jawab, pancinglah para siswa/siswi agar banyak bertanya. Selain dari itu perlu adanya anda bersenda gurau di sela-sela penyampaian tentang mengenai materi –materi pengajaran agar tidak terlalu tegang saat melakukan proses belajar mengajar.

2)      Pekerjaan Rumah (PR) bisa anda berikan setiap akhir dari penyampaian materi, namun apabila hal tersebut ternyata tidak efektif, misalnya banyak para siswa/siswi yang tidak mengerjakan atau pun ternyata banyak siswa/siswi yang saling mencontek pekerjaan terhadap para teman –temannya sebaiknya metode di dalam PR nya anda ubah menjadi: misalnya dengan berbeda –beda soal tiap siswa/siswi atau pun cara lainnya.

3)      Anda perlu juga melakukan evaluasi terhadap bagaimana cara –cara anda mengajar, ini bisa dilakukan dengan memberikan questioner pada siswa/siswi terhadap cara mengajar anda.

Cara Mengajar Yang Baik4)       Anda juga bisa melakukan quiz interaktif, yakni dengan membaca soal –soal satu persatu dan siswa/siswi langsung menjawab pertanyaan tersebut, anda berikan waktu yang terbatas bagi menjawab soal –soal tersebut. Misalnya “bacakan soal no. 1 kemudian langsung dijawab oleh siswa/siswi, sesudah itu bacakan soal no.2 kemudian siswa/siswi menjawabnya lagi, demikian dst”. metode ini membuat siswa/siswi berfikir cepat dan tidak bisa mencontek.

5)      Buatlah suasana semenarik mungkin dan tidak membosankan para peserta didik, disamping itu anda perlu banyak latihan agar dalam sikap, metode ajar, dan cara berbicara anda bisa diterima dengan baik oleh siswa/siswi. Menjadi guru yang tegas dan terlalu disiplin terkadang akan membentuk karakter terhaadap siswa/siswi yang keras juga, maka dari itu buatlah siswa/siswi takut karena hormat terhadap anda & bukan takut karena hukuman anda. Pernah ada siswa/siswi yang sangat nakal, akan tetapi ia justru takut dan malu dengan salah satu guru yg sangat dihormatinya tersebut. Sebab dalam memberikan perhatian anda dengan penuh kasih sayang, bukan mencari kesalahan terhadap mereka.

6)      Buatlah suatu quiz di awal & akhir penyampaian materi, bila waktunya tak memungkinkan lakukanlah hanya di akhir materi bukan diawalnya. Hal seperti ini bisa menjadi indikator apakah materi yang sudah disampaikan telah diterima dengan baik oleh siswa/siswi.

7)      Sampaikanlah materi dengan menyampaikan point-point yang pentingnya saja, jangan terlalu banyak bertele-tele atau pun terlalu banyak bercerita yang bukan dalam ruang lingkup yang terdapat di dalam materi anda. Untuk materi eksak, perbanyaklah yang mengenai contoh-contoh soal, sampaikan perlahan dan buat agar siswa/siswi juga sama-sama ikut berfikir.

Semoga dengan adanya materi ini bisa bermanfaat dan bisa meningkatkan kualitas pembelajaran terhadap pendidikan bangsa Indonesia.

Teknik Mengajar Yang Baik Part II. Post by: Pemerhati Guru | 4.5
Tags:

Categories: News

1 Comment
  1. 4 months ago
    badrunsinulingga

    trimakasih atas infonya

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>