Peranan dan Fungsi Perpustakaan Sekolah

Menurut kamus “ The Oxford English Dictionary”,kata “library” mulai digunakan ke dalam bahasa inggris pada tahun 1374, yang berarti “suatu tempat bagi buku yang telah diatur untuk dipelajari, sebagai bahan rujukan/bahan bacaan”. Pengertian perpustakaan pada abad ke-19 berkembang menjadi “sejumlah ruangan-ruangan atau suatu gedung yang berisikan koleksi buku-buku yang dipelihara dengan baik, bisa digunakan juga oleh masyarakat atau golongan masyarakat-masyarakat tertentu”. Lebih lanjutnya, di dalam perkembangan pengertian perpustakaan ini memperoleh penghargaan yang tinggi, dan bukan hanya sekedar suatu gedung yang berisi koleksi-koleksi buku yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

Apabila kita memasuki suatu perpustakaan, yang kita lihat pertama kali ialah jajaran buku-buku dan bahan pustaka lain yang telah diatur secara rapih di rak majalah, rak buku, maupun rak-rak bahan pustaka lainnya. Bahan-bahan pustaka tersebut diatur sedemikian rupa menurut suatu sistem tertentu sehingga memudahkan bagi pengunjung untuk menemukan kembali bahan pustaka yang akan diperlukan.

Pertanyaan yang timbul pada diri kita, apakah setiap bahan pustaka dan jajaran-jajaran buku lain yang sudah diatur secara sistematis boleh disebut perpustakaan? Atau dengan kata lain, apakah sebenarnya perpustakaan itu? Banyak batasan atau pengertian tentang perpustakaan yang disampaikan oleh para pakar di bidang perpustakaan.

perpusPada tahun 1970, The American Library Association menggunakan istilah perpustakaan untuk suatu pengertian yang luas yakni: “pusat untuk rujukan, pusat untuk informasi, pusat untuk media, pusat untuk dokumentasi, pusat untuk sumber pendidikan, dan pusat untuk belajar”. Menurut pengertian yg mutakhir, tercantum pada keputusan RI No.11, dinyatakan bahwa ”perpustakaan adalah salah satu sarana pelestarian bahan pustaka sebagai hasil budaya dan memiliki fungsi sebagai sumber informasi ilmu pengetahuan, kebudayaan dan teknologi dalam rangka mencerdaskan kebidupan bangsa dan untuk menunjang pelaksanaan pembangunan nasional.

Pengertian perpustakaan yang mutakhir ini telah mengarahkan ke dalam 3 (tiga) hal yang sekaligus mendasar, yakni (1) hakikat Fungsi perpustakaan, yaitu salah satu dari sarana pelestarian bahan pustaka. Bahan pustaka yang dimaksud disini merupakan hasil budaya dan memiliki fungsi sebagai sumber informasi ilmu pengetahuan, kebudayaan, dan teknologi, dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan menunjang pelaksanaan pembangunan nasional. (2) fungsi perpustakaan sebagai sumber informasi ilmu pengetahuan, teknologi dan kebudayaan yang dinyatakan secara umum. Namun secara khusus, setiap jenis perpustakaan mempunyai fungsi masing-masing, yg berbeda antara satu dan yang lainnya. serta (3) tujuan perpustakaan sebagai sarana untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan menunjang pembangunan nasional.

Adapun pengertian perpustakaan sekolah ialah perpustakaan yang berada dalam suatu lingkup sekolah yang kedudukan dan tanggunng jawabnya kepada kepala sekolah, untuk melayani sivitas akademka sekolah yang bersangkutan.

Untuk kelanjutan dari artikel ini silahkan baca Peranan dan Fungsi Perpustakaan Sekolah part II.

Peranan dan Fungsi Perpustakaan Sekolah. Post by: Pemerhati Guru | 4.5
Tags:

Categories: News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>