Metode Mengajar

Mengajar belajar merupakan kegiatan guru murid bagi mencapai tujuan tertentu. Di duga, makin jelas tujuan makin besar pula kemungkinan ditemukan model-model pembelajaran dan metode-metode penyampaian yang paling serasi. Akan tetapi tidak ada pegangan yg pasti tentang cara mendapatkan metode & model mengajar yang paling tepat. Tepat tidaknya dalam suatu metode dan model, baru terbukti dari hasil belajar para murid.

Mengajar pada umumnya usaha guru bagi menciptakan kondisi-kondisi ataupun mengatur lingkungan sedemikian rupa, sehingga terjadi akan interaksi antara para murid dengan lingkungannya, termasuk dengan guru, alat pelajaran dsb, yg disebut dengan proses belajar, sehingga tercapainya tujuan yang sudah ditentukan. Demikian pula dengan menggunakan suatu metode & model mengajar bagi segala tujuan belajar tak akan efektif. Yang menimbulkan terhadap kesulitan ialah bagi mengetahui yg manakah metode dan model yg paling serasi bagi mencapai tujuan pelajaran tertentu.

metode belajar Konsep guru mengenai tentang apakah mengajar itu sangat menentukan metode & model mengajar manakah yg akan diutamakan. Sebelum melakukan proses-proses pembelajaran, sebaiknya seorang pembelajar terlebih dahulu harus mencari metode dan model mana yg tepat digunakan dan disesuaikan dengan mata pelajaran, jumlah siswa/siswi & kondisi siswa/siswi itu sendiri. Maka dari itu, akan lebih dikaji jenis-jenis metode & model pembelajaran dengan serta karakteristik dari tiap-tiap metode dan model tersebut & kelebihan maupun kekurangan dari tiap-tiap metode & model.

Model pembelajaran bisa diartikan sebagai kerangka konseptual yg melukiskan prosedur yg sistematik ke dalam mengorganisasikan pengalaman belajar bagi mencapai tujuan belajar dan maupun berfungsi sebagai pedoman bagi perancang dalam pengajaran & para guru di dalam merencanakan maupun melaksanakan aktifitas-aktifitas belajar mengajar menurut (Udin Winataputra, 1994,34). Jadi model pembelajaran cenderung preskriptif, yg relatif sulit dibedakan dengan strategi-strategi pembelajaran.

Banyak model-model dalam pembelajaran yg bisa dikembangkan oleh para guru dalam proses kegiatan belajar mengajar yg pada prinsipnya di dalam pengembangan model pembelajaran tersebut bertujuan bagi menciptakan situasi belajar mengajar yg efetif & efisien, bermakna, menyenangkan, lebih banyak mengaktifkan siswa/siswi. Model pembelajaran yg efektif ialah model pembelajaran yg mempunyai landasan teoretik yg humanistik, adaptif, lentur, berorientasi kekinian, mempunyai sintak pembelajaran yg sederhana, mudah dilakukan, bisa mencapai tujuan & hasil belajar yg ingin dicapainya.

Dalam pengembangan model-model pembelajaran yg mendapat penekanan bagi pengembangannya terutama dalam strategi & metode pembelajaran. Bagi  masa sekarang ini diperlukan pula yang namanya dikembangkan sistem penilaian yg mencakup ranah afektif, kognitif & psikomotorik. Oleh sebaba itu guru dalam pelaksanaan proses belajar mengajarnya bisa saja mengembangkan model-model pembelajaran sendiri dengan tujuan proses pembelajaran lebih efektif & efisien, lebih banyak memberikan kesempatan terhadap para siswa/siswi bagi berkreasi, sehingga siswa/siswi lebih aktif.

 

Metode Mengajar. Post by: Pemerhati Guru | 4.5
Tags:

Categories: News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>