Jenis Metode Pembelajaran |Metode Proyek

Metode proyek dipergunakan untuk menyalurkan minat siswa yang berbeda-beda. Baik berhubungan langsung dengan pelajaran di sekolah, atau hal yang menyangkut penggunaan IPTEK dalam kehidupan sehari-hari.

Misalnya, sekelompok anak yang tertarik dengan teknik radio dapat memilih proyek pembuatan sebuah pesawat penerima sederhana. Sekelompok anak yang tertarik dengan cara-cara penetasan telur secara listrik dapat memilih proyek pembuatan alat penetas dan sebagainya.

Jenis Metode Pembelajaran |Metode Proyek

Jenis Metode Pembelajaran |Metode Proyek

Proyek yang dipilih oleh siswa terkadang bukan merupakan bidang yang dikuasai oleh gurunya. Guru harus siap dengan segala kemungkinan yang terjadi. Guru yang menghadapi masalah seperti ini, tidak usah merasa berkecil hati. Sebagai guru yang menangani proyek yang bukan keahliannya, guru dapat membaca buku-buku reverensi yang dipilih oleh anak-anak. Sebagai guru anda tidak usah malu untuk mengakui bahwa anda tidak banyak mengetahui tentang masalah tersebut.

Suatu proyek hendaknya mempunyai perencanaan yang baik. Mulai dari langkah kerjanya, maupun mengenai jangka waktu dari masing-masing langkah kerja dan dari seluruh proyek. Guru harus mengusahakan agar disiplin dalam menepati rencana dapat dilakukan setepat mungkin.

Metode proyek bukan merupakan metode utama dalam proses belajar-mengajar di sekolah. Metode ini pada kondisi tertentu dapat digunakan untuk mengintegrasikan pengetahuan mengenai pelajaran dengan masalah-masalah dalam masyarakat, untuk menimbulkan minat terhadap suatu bidang studi, dan melatih siswa untuk bekerjasama dalam bidang tertentu dalam satu organisasi.

Untuk mengetahui Metode Pembelajaran selengkapnya, silakan klik di sini.

Jenis Metode Pembelajaran |Metode Proyek. Post by: Pemerhati Guru | 4.5
Tags:, , , , ,

Categories: Kompetensi Guru, News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>