Ini Dia Kiat Meningkatkan Kecepatan Efektif Membaca (KEM)

Ini Dia Kiat Meningkatkan Kecepatan Efektif Membaca (KEM)

Sebagai seorang guru, tentunya kita harus memiliki kemampuan membaca dengan istilah Kecepatan Efektif Membaca atau KEM. Kemampuan ini sangat dibutuhkan untuk dapat dengan cepat memahami sebuah bacaan sehingga dapat dengan cepat pula disampaikan kepada anak didik kita. Di abad ledakan informasi saat ini, kita perlu teknik baru dalam melakukan membaca, yakni teknik membaca cepat dan efektif. Teknik ini adalah teknik membaca dengan kecepatan tertentu untuk mendapatkan pemahaman akan bacaan sesuai dengan kebutuhan dan tujuan yang kita inginkan dari bacaan itu. Dengan cara ini, maka kita akan cepat menyerap informasi yang kita butuhkan. Dengan kemampuan yang cepat dalam membaca ini, maka kita akan cepat pula beralih ke bahan-bahan bacaan lainnya sehingga informasi, pengetahuan, dan gagasan yang kita dapatkan akan semakin banyak.

Ini Dia Kiat Meningkatkan Kecepatan Efektif Membaca (KEM)

Ini Dia Kiat Meningkatkan Kecepatan Efektif Membaca (KEM)

Untuk dapat meningkatkan Kecepatan Efektif Membaca (KEM), ada beberapa langkah yang harus kita lakukan, yaitu

  • menghilangkan terlebih dahulu berbagai kebiasaan yang menjadi penghambat dalam meningkatkan kecepatan membaca, seperti membaca dengan bersuara, menggerakkan bibir ketika membaca, menunjuk bacaan dengan jari, dan menggerakkan kepala ke kiri dan ke kanan pada saat membaca.
  • tidak membaca kata per kata dari kiri ke kanan, melainkan mengusahakan agar dalam satu sapuan mata dapat menangkap yang menimbulkan pengertian. Caranya adalah dengan berlatih memperlebar jangkauan mata, seperti lewat latihan persepsi, fiksasi, latihan gerakan otot mata, dan sejenisnya. Contoh-contoh latihan seperti ini banyak terdapat dalam buku-buku tentang keterampilan membaca.
  • tidak menekuni detil ketika membaca. Carilah dengan cepat kata kunci, pikiran utama, ide pokok bacaan itu, dan hal-hal yang memang kita butuhkan yang menjadi tujuan kita membacanya.

Dengan aplikasi dari berbagai latihan tersebut, kita akan dapat meningkatkan KEM kita. Seberapa banyak KEM kita, dapat dihitung dengan rumus:

(Jumlah kata yang dibaca : Jumlah detik untuk membaca) x 60 = Jumlah kata permenit

Demikian Kiat Meningkatkan Kecepatan Efektif Membaca (KEM) semoga bermanfaat bagi Anda yang ingin meningkatkan kemampuan dalam membaca.

Bagi Anda yang ingin mengetahui Teknik Membaca Cepat dengan Skimming dan Scanning dan Teknik Membaca untuk Pemahaman dengan SQ3R silakan Klik Disini.

Ini Dia Kiat Meningkatkan Kecepatan Efektif Membaca (KEM)

Ini Dia Kiat Meningkatkan Kecepatan Efektif Membaca (KEM). Post by: Pemerhati Guru | 4.5
Tags:, , , ,

Categories: Kompetensi Guru

1 Comment
  1. 1 year ago
    Khan

    Makasih atas pencerahannya

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>