Empat Hal Mendasar Yang Menjadi Kompetensi Guru

By | August 19, 2013

Sebagai seorang pengajar, sudah sepantasnya guru memiliki kemampuan tertentu. Kemampuan tersebut bukan sekedar kekayaan ilmu pengetahuan yang dia miliki saja, tapi juga aspek-aspek lain yang juga harus dimiliki sehingga dia mampu menyampaikan materi pembelajaran dengan baik. Hal itu diperlukan karena mereka nantinya akan berperan tidak hanya sebagai seorang staff pengajar saja, tapi juga bertanggungjawab membimbing siswa mereka. Selain itu, tak jarang seorang guru juga harus berperan layaknya orangtua yang harus bisa memahami keadaan murid-muridnya. Itu semua menjadi suatu kesatuan yang memang harus dimiliki seorang guru. Setidaknya, ada beberapa kompetensi guru yang memang menjadi hal mendasar dan harus dimiliki seorang guru. Dalam konteks seorang guru, kompetensi ini tentu saja harus meliputi:

  • pedagogik,
  • sosial
  • kepribadian
  • profesional.

Kompetensi pedagogik menunjuk pada tugas-tugas utama dan mendasar dia sebagai seorang guru. Hal-hal tersebut meliputi kompetensi guru dalam hal memahami siswanya, kemampuan untuk menyusun dan merencanakan proses pembelajaran serta kemampuannya untuk membantu siswa dalam mengaktualisasikan dirinya. Hal ini tentu menjadi hal utama bagi seorang pengajar. Dengan demikian, mengetahui bahan ajar saja tidak cukup, karena harus dibarengi dengan kemampuannya merencanakan dan menyusun pembelajaran sehingga bisa benar-benar dipahami oleh siswanya. Dengan demikian, siswa pun terbantu untuk mengembangkan dirinya secara lebih baik. Selanjutnya adalah kompetensi kepribadian. Kompetensi ini menunjuk pada kematangan kepribadian seorang guru. Kematangan tersebut memiliki beberapa indikasi seperti dewasa, berwibawa, berkelakuan baik dan bisa menjadi teladan yang baik bagi siswanya. Ini merupakan beberapa hal mendasar yang memang menjadi tolok ukur kematangan seorang guru.

kompetensi Guru

Lalu, kompetensi guru selanjutnya adalah kompetensi sosial. Kompetensi ini lebih menggarisbawahi kemampuan seorang guru dalam berkomunikasi dan bersosialiasi dengan peserta didiknya, rekan guru, orang tua dan wali murid serta masyarakat. Ini sangat diperlukan agar terjadi hubungan yang baik yang pada akhirnya akan memudahkan proses belajar mengajar. Dan yang terakhir adalah kompetensi profesional yang menggarisbawahi pada aspek penguasaan materi pengajaran, sistem pembelajaran serta metodologi yang harus digunakan. Keempat kompetensi dasar itu perlu dimiliki seorang guru, terlebih lagi tidak semuanya itu bisa didapatkan secara langsung dari proses pendidikan seorang guru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *