Cara Meningkatkan Konsentrasi Belajar

Sesuatu hal yang terpenting di dalam proses belajar ialah konsentrasi belajar terhadap anak. Anak akan mudah menangkap materi – materi pelajaran jika anak tersebut merasa nyaman & bisa berkonsentrasi dalam belajar. Pertanyaan nya, Apakah ank didik anda sudah meningkatkan konsentrasi terhadap belajarnya?

Ada beberapa cara untuk meningkatkan konsentrasi belajar menurut (Marthinz) :

1. Hilangkan Beban & Tugas-Tugas,

Jika ada pekerjaan rumah (PR) sebaiknya diselesaikan dulu agar tidak kepikiran terus-menerus pada saat kegiatan belajar yang akan berlangsung. Lakukanlah identifikasi hal-hal yg harus dilakukan atau pun melaksanakannya agar tidak ada beban.

konsent part I2. Strategi Menghapal Materi Pelajaran,

Jika punya kesulitan memahami atau menghapal pelajaran maka sebaiknya membuat rangkuman pelajaran yang mudah dimengerti & bisa dilihat atau dibaca-baca kembali jika ada yang terlupa. Bisa juga membuat hub.gambar-gambar yang mewakili nilai-nilai pelajaran. Bisa juga saat membaca materi pelajaran direkam untuk didengarkan kembali. Bisa pula membuat dengan pertanyaan-pertanyaan tertentu atas materi yang sudah dipelajari, & lainnya.

3. Pikirkan Manfaat Belajar di Masa Depan,

Bagi  menyemangati kegiatan belajar kita harus bisa sedikit berandai-andai, yaitu kalau kita sudah besar nanti akan bisa sukses jadi org pandai, berpenghasilan besar, terkenal, dan lain-lain. Dengan demikian maka kita akan menjadi lebih terpacu bagi meraih masa depan yang kita cita-citakan.

4. Cari Tahu Metode Belajar Yang Cepat Tepat,

Coba saja aktivitas-aktivitas tertentu yang menurut kamu bisa menunjang masuknya materi tentang pelajaran ke dalam otak kita. misalnya sambil bernyanyi, sambil mendengarkan musik, sambil corat coret kertas, sambil keliling-keliling.

5. Jangan Terlalu Capek,

Usahakan tidak membuat jadwal pelajaran dengan aktivitas fisik berlebih seperti jalan-jalan, refreshing, olahraga, main seharian, dan lain – lain nya. Kalau sudah terlanjur capek maka belajar sebentarpun sudah bisa membikin kita ngantuk. Bila udah pulang sekolah sebaiknya langsung tidur siang dulu atau bisa jadi tidur di sore hari lalu setelah bangun tidur langsung bisa belajar yang serius.

6. Tempat yang nyaman & tenang,

Hindari lokasi belajar yg berisik atau mudah menghilangkan konsentrasi belajar terhadap kita. Bila perlu menyendirilah anda di kamar tanpa suara apapun. Beritahu juga orang-orang di sekitar rumah kalau anda sedang belajar & mohon untuk tidak diganggu beberapa waktu demi masa depan yang cemerlang.

7. Posisi Belajar Yang Benar,

Belajar jangan dengan posisi tubuh yang salah seperti sambil tiduran, sambil nonton tv, sambil jalan-jalan, sambil ngobrol, dll. Belajar posisi duduk harus di meja belajar jika ada atau bisa di meja dan kursi yang membuat kita senyaman di meja kursi sekolah atau pun kampus.

Untuk kelanjutan dari artikel ini silahkan baca Cara Meningkatkan Konsentrasi Belajar part II.

Cara Meningkatkan Konsentrasi Belajar. Post by: Pemerhati Guru | 4.5
Tags:

Categories: News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>